5 Trend E-sports Game Mobile Paling Populer di tahun 2024

Tikanews.com – Dengan ponsel yang semakin mudah diakses dan canggih, permainan game di Android dan iOS telah berkembang pesat. Dengan demikian, kebangkitan esports seluler telah mengikuti dengan turnamen yang melampaui hadiah jutaan dolar dan mengumpulkan jumlah penonton yang luar biasa. Beberapa tahun terakhir khususnya membuktikan bahwa esports mobile adalah industri yang patut diwaspadai.

Saat tahun 2024 dimulai, ada banyak hal yang bisa dinantikan tahun ini. Mobile esports tidak asing dengan musim dingin esports, tetapi telah terhindar dari musim dingin yang lebih parah karena popularitasnya di wilayah berkembang yang lebih kebal terhadap iklim ekonomi makro saat ini.

Baca juga:

 Teori Klasifikasi Menurut Carolus Linnaeus Dan Alternatif Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

 Nonton Salawahan No Sensor Sub Indo di Vivamax Dibintangi Angeli Khang dan Albie Casino yang Haus Belaian Kasih Sayang

Namun, tahun 2024 akan membawa perubahan besar pada industri esports mobile. Semua judul esports mobile utama – mulai dari Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) hingga PUBG Mobile dan Free Fire – telah mengumumkan perubahan besar pada roadmap mereka di tahun 2024. Mari kita lihat lima tren esports mobile terbesar yang harus diperhatikan pada tahun 2024.

Pertempuran MOBA seluler: MLBB dan Honor of Kings bersaing untuk dominasi Global

Berbicara tentang MOBA mobile, ada satu judul yang menjadi berita utama – Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Menurut Esports Charts, MLBB adalah game esports mobile yang paling banyak ditonton pada tahun 2023 dengan lebih dari 530 juta jam tontonan. MOONTON telah mengumumkan kalender yang padat untuk tahun 2024 dengan setidaknya empat acara internasional.

Di tengah-tengah semua hype tersebut, penantang lain di kancah MOBA telah muncul – Honor of Kings. Tencent telah mengumumkan investasi global sebesar $15 juta (~£11,8 juta) untuk mengembangkan game esports ini secara global, dan momentumnya sebagai game esports utama di Tiongkok memposisikannya sebagai penantang utama.

Namun, ada beberapa rintangan besar bagi kebangkitan Honor of Kings. Pertama, pada tahun 2021, banyak organisasi esports di Asia Tenggara yang dilaporkan memiliki ‘kontrak eksklusivitas’ dengan MOONTON untuk liga waralaba MLBB. Sebagai bagian dari klausul opsional ini, organisasi esports yang menandatangani klausul tersebut akan menerima keuntungan dalam game dan finansial. Tidak jelas apakah klausul ini masih aktif, tetapi jika masih aktif, Honor of Kings kemungkinan besar akan menjadi bagian darinya.

Baca juga:

 Pembagian Bansos Beras Stop Sementara Menjelang Pemilu 14 Februari 2024, Begini Kata Pakar

 Drama China Have Soft Spot for Her Episode 11 Sub Indo, Spoiler dan Sinopsis

Selain itu, MLBB memiliki keuntungan besar di ranah MOBA mobile karena game ini telah berinvestasi di wilayah lain seperti Timur Tengah dan Amerika Utara secara agresif. Baru-baru ini juga diumumkan bahwa turnamen pertengahan tahun akan berganti nama menjadi MLBB Mid Season Cup (MSC) agar lebih eksklusif dan global. MSC 2024 akan diadakan di Arab Saudi dengan total hadiah sebesar $3 juta (~£2,3 juta), yang terbesar dalam sejarah permainan untuk satu turnamen.

Meskipun demikian, MLBB dan Honor of Kings akan menjadi dua game yang patut ditonton pada tahun 2024. Yang pertama akan berusaha memperluas basis pemainnya yang terus berkembang di pasar lain. Yang terakhir akan berharap untuk menangkap pasar global karena secara bertahap dirilis secara global.

Pembentukan Piala Dunia Esports sebagai acara esports seluler utama

Salah satu berita utama di tahun 2024 adalah Piala Dunia Esports akan menggantikan Gamers8. Meskipun Piala Dunia Esports akan menampilkan berbagai judul esports di PC, konsol, dan seluler – ini masih merupakan acara utama untuk ditonton dalam esports seluler. Hal ini dikarenakan sebagian besar judul esports mobile kemungkinan besar akan ikut serta dalam Piala Dunia Esports.

Game pertama yang mengumumkan keikutsertaannya dalam seri turnamen ini adalah Mobile Legends: Bang Bang dengan Mid Season Cup-nya yang akan berlangsung di acara tersebut. PUBG Mobile dan Free Fire juga telah mengisyaratkan bahwa mereka akan berpartisipasi.

PUBG Mobile telah mengkonfirmasi bahwa turnamen tengah musim yang belum diberi nama tersebut akan berlangsung di Arab Saudi. Free Fire, di sisi lain, mengatakan dalam peta jalannya bahwa game ini akan menjadi bagian dari turnamen esports global pada bulan Juli, yang kemungkinan besar akan mengarah ke Piala Dunia Esports.

Baca juga:

 Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka 2024 Terbaru, Cek Solusi Cara Mengatasinya Berikut ini

 Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka 2024 Terbaru, Cek Solusi Cara Mengatasinya Berikut ini

Dengan demikian, tahun 2024 adalah tahun yang krusial untuk pembentukan Piala Dunia Esports sebagai acara esports mobile berulang yang besar di tahun-tahun mendatang. Meskipun Riyadh telah memiliki pengalaman dan infrastruktur yang siap dengan menjadi tuan rumah Gamers8 selama dua tahun terakhir, Piala Dunia Esports akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Liga Bermitra – Anugerah atau kutukan untuk PUBG Mobile Esports

Salah satu tren utama dalam esports mobile pada tahun 2024 datang dari PUBG Mobile, yang telah berkomitmen untuk mengganti PUBG Mobile Pro Leagues (PMPL) yang terbuka dengan Liga Super yang bermitra (PMSL). Akan ada empat PMSL yang berlangsung pada tahun 2024 di berbagai wilayah, yaitu Asia Tenggara, EMEA, Amerika, dan Asia Tengah dan Selatan.

Semua ini akan menjadi acara LAN. Kecuali untuk Asia Tenggara dengan tiga musim, sisanya akan memiliki dua musim per tahun. Semua liga ini akan menampilkan tim-tim yang bermitra yang akan mendapatkan jaminan slot di turnamen. Namun, beberapa slot akan terbuka untuk semua tim yang dapat lolos dari Kualifikasi PMSL.

Dalam sebuah konferensi pers, James Yang, Direktur Senior PUBG Mobile Global Esports, mengkonfirmasi bahwa tim-tim yang bermitra ini tidak perlu membayar biaya pendaftaran atau biaya pendaftaran untuk menjadi bagian dari PMSL. Sebaliknya, mereka sekarang terlibat dalam kemitraan yang saling menguntungkan dengan Tencent di mana mereka akan menerima dukungan dan slot yang terjamin.

Baca juga:

 Tencent Resmi Umumkan Kompetisi Internasional PUBG Mobile Tahun 2024

 Update Arena Radiumond di Lost Light Season 8 Undercurrent 2024 Terbaru

PMSL menjadi pertanda baik bagi tim yang bermitra, dengan organisasi yang kini memiliki stabilitas lebih dalam ekosistem esports PUBG Mobile. Namun, organisasi yang bermitra dengan PMSL SEA 2023, Team Secret, keluar dari permainan setelah Tencent mengumumkan keputusan ini, dan secara terbuka menyatakan bahwa transisi ke liga waralaba sepenuhnya adalah alasannya.

Tahun 2024 merupakan tahun yang penting bagi esports PUBG Mobile karena game ini akan mengatur dan meningkatkan skala PMSL sambil meningkatkan kemitraannya dengan organisasi esports terkemuka.

Free Fire Esports Berganti Nama Menjadi FFWS dan Merilis Free Fire India

Free Fire Esports tidak mengalami tahun-tahun terbaik akhir-akhir ini. Game Esports Mobile Esports of the Year dari Esports Awards pada tahun 2020 dan 2021 telah mengalami penurunan tajam dalam jumlah penonton esports sejak rekor 5,4 juta penontonnya mencapai puncaknya di World Series (FFWS) Singapura pada tahun 2021.

FFWS 2023 mencapai puncaknya dengan 570.515 penonton, menurut Esports Charts, masih merupakan angka yang mengesankan tetapi tidak mendekati puncak sebelumnya. Sekarang, Garena telah mengumumkan beberapa perubahan besar untuk peta jalan 2024 dengan semua liga regionalnya diganti namanya untuk menyertakan merek FFWS.

Baca juga:

 Ganti Suara Hero Mobile Legends (ML) ke Bahasa Lain Seperti Jepang dan Arab Biar Lebih Khusyuk Bermain

 5 Hero Terbaik Counter Aurora Revamp Mobile Legends Terbaru 2024

Tren penting untuk Free Fire adalah rilis Free Fire India yang akan datang. Meskipun game ini diumumkan pada Agustus 2023, namun masih belum dirilis dan diperkirakan akan hadir pada tahun 2024. Perilisannya akan menjadi dorongan besar bagi esports Free Fire secara global karena India adalah pasar yang sangat besar untuk game ini.

Faktanya, menurut Economic Times, mengutip data dari platform analisis media Comscore, Free Fire MAX lebih populer daripada Battlegrounds Mobile India (BGMI) pada November 2023 dengan 28 juta pengguna bulanan. Khususnya, Free Fire MAX telah mencapai angka-angka tersebut tanpa pemasaran khusus untuk game tersebut dan masih memanfaatkan hype dari Free Fire India.

Peluncuran game ini dan bagaimana game ini bersaing dengan BGMI di pasar lokal India akan menjadi tren yang harus diperhatikan pada tahun 2024.

Peluncuran judul esports seluler baru

Terakhir adalah peluncuran beberapa judul esports mobile baru yang potensial. Pertama, Riot Games akan meluncurkan VALORANT Mobile. Tanggal rilisnya belum dikonfirmasi, tetapi game ini telah diuji coba di Tiongkok, sehingga menimbulkan rumor bahwa game ini akan diluncurkan pada tahun 2024.

Game lain yang akan hadir tahun ini termasuk Rainbow Six Mobile dan Warzone Mobile. Ketiga game tersebut berpotensi mengganggu pasar game penembak seluler saat ini, yang didominasi oleh game-game seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan CoD Mobile.

Selain itu, game-game ini sangat kompetitif dan ketiganya memiliki scene esports di versi PC masing-masing. Wajar jika pengembang mendorong esports ketika mereka meluncurkan game mobile juga.